Tips Agar Pelajaran Anda Disukai oleh Murid

Tidak ada komentar
Sudah menjadi rahasia umum bahwa pelajaran matematika dan fisika adalah pelajaran yang paling tidak disukai oleh siswa, hal ini mungkin terjadi karena kedua pelajaran ini adalah pelajaran yang membutuhkan logika dan konsentrasi yang tinggi, lantas bagaimana cara mengajar yang baik jika kita mengajarkan materi yang tidak disukai oleh para murid ?? 

Beberapa guru sangatlah kesulitan dalam mengajar (terutama pada pelajaran yang paling tidak disukai : Matematika, B.Inggris / Fisika) bahkan sampai kebingungan karena dijelaskan seperti apapun murid tidak mengerti (lebih tepatnya tidak mau mengerti), jika anda mengalami hal yang serupa dengan guru-guru ini maka hal yang pertama anda lakukan adalah jangan panik dan pantang menyerah karena saya yakin semua masalah (termasuk kesulitan dalam mengajarkan materi) bisa diatasi, asalkan gurunya mau untuk menyelesaikannya.

Sebenarnya tidak ada cara yang yang pasti untuk membuat seorang murid agar bisa menyukai pelajaran yang tidak disukainya, hal ini tentu saja karena pandangan dan alasan siswa yang berbeda-beda, tapi bukan berarti tidak ada cara untuk membuat seorang siswa menyukai pelajaran yang tidak disukainya, lantas bagaimana caranya ???

Renungkan kata-kata ini baik-baik ... 

"Jika ingin agar pelajaran disukai murid atau setidaknya agar pelajaran tidak dibenci murid, maka yang bisa kita lakukan adalah mengajar dengan cara mendekatkan diri dari hati ke hati dan mengajar dengan tulus dari dalam hati, hal ini bisa mempermudah proses belajar mengajar anda, demikian juga jika siswa sudah terlanjur membenci pelajaran yang anda ajarkan, mengajarlah dengan setulus hati dari hati ke hati"

Kata-kata diatas adalah prinsip dasar dalam mengajar, jika anda belum puas dengan kata-kata diatas maka saya akan memberikan satu hal lagi yang bisa membantu anda untuk mengajar pelajaran yang tidak disukai oleh murid. Renungkan lagi kata-kata dibawah ini dengan baik...

"Sudahkah anda evaluasi metode belajar anda ?? gunakan lah metode yang variatif yang tidak akan membuat siswa bosan, sebagai contoh bawalah anak murid anda ke halaman sekolah yang teduh dan mengajarlah disana atau biarkan anak 'mengobrol' di kelas untuk membicarakan pelajaran, saya pikir tidak masalah membiarkan anak mengobrol dalam rangka belajar"

Tentu saja hal diatas hanyalah contoh, anda bisa mengembangkan metode belajar yang sesuai dengan kondisi kelas yang anda ajar. tentu anda tahu kan bagaimana kondisi kelas anda ??? anda adalah seorang guru yang menentukan terpuruk atau tidaknya pendidikan bangsa ini dan saya yakin anda pasti tahu bagaimana isi kelas anda kan ??

Jadi apakah anda masih bingung dengan cara membuat pelajaran anda agar disukai oleh siswa ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Halaman

Labels

Popular Posts