Cara Praktis Agar Mengajar Anda Konsisten

1 komentar
Konsistensi adalah hal yang penting dalam segala bidang baik itu bidang yang menyangkut diri sendiri (pribadi) atau untuk pekerjaan, begitupun dengan mengajar, mengajar juga membutuhkan konsistensi, agar mengajar yang kita lakukan tidak sia-sia, tentu guru ingin agar muridnya memahami materi yang diberikan kan ??? konsisten merupakan kunci agar disukai murid dan tidak konsisten adalah salah satu kesalahan guru dalam mengajar.

Saya akui memang sangat sulit untuk mempertahankan konsistensi dalam mengajar, karena akan ada saat kita jenuh dalam mengajar, meskipun demikian konsistensi harus jadi prioritas seorang guru oleh karena itu saya akan memberikan tips / saran agar anda bisa mengajar dengan konsisten.

  • Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga konsistensi anda dalam mengajar adalah dengan cara menyadari tanggung jawab anda sebagai seorang guru, anda harus menyadari bahwa anda mempunyai tanggung jawab untuk mencerdaskan anak bangsa.
  • Hal Kedua adalah dengan menetapkan target, menetapkan target bisa sangat membantu anda dalam menjaga konsistensi dalam mengajar, karena jika anda menetapkan sebuah target maka otomatis anda ingin mencapai target itu, dengan kata lain anda akan terpaksa untuk menjaga konsistensi dalam mengajar dengan cara menetapkan target yang anda buat sendiri, sehingga anda akan merasa berat untuk meninggalkan kelas bahkan jika hanya 1 pertemuan saja.
  • Hal ketiga adalah Ikhlas dalam mengajar, ikhlas adalah cara paling ampuh untuk menjaga konsistensi anda dalam mengajar.
Salah satu kebiasaan buruk seorang guru adalah tidak melakukan hal yang kedua diatas.

3 hal diatas adalah hal utama yang anda bisa lakukan untuk menjaga konsistensi anda dalam mengajar, tapi jika hanya itu saya pikir tidak cukup, maka dari itu saya ingin menambahkan beberapa hal agar anda tidak jenuh untuk menjaga konsistensi anda dalam mengajar.

  • yang pertama, Mengajar sambil berjalan-jalan di kelas, mungkin terdengar sepele tapi hal ini bisa mencegah anda untuk jenuh dalam mengajar, berjalan bisa memperlancar peredaran oksigen ke otak sehingga membuat otak anda lebih segar.
  • yang kedua, Mengajar sambil berinteraksi dengan anak, tanya pada anak pertanyaan yang tidak berat, bisa saja bertanya dengan materi yang 2 menit lalu anda ajarkan, ini bisa membantu anda untuk tidak jenuh mengajar di kelas.
Saya yakin anda sudah tahu 3 hal utama diatas kan ? lantas jika sudah tahu kenapa tidak dilakukan mulai dari sekarang :-) ? kenapa harus dimulai sekarang ?? karena saat ini pendidikan indonesia terpuruk dan anda adalah "pahlawan" bukan ?? "Pahlawan tanpa tanda jasa"

Jadi apakah anda masih tidak tahu caranya menjaga konsistensi dalam mengajar ??

1 komentar:

  1. Kalo sudah datang penyakit males. Males apa2 untuk ngetik. Sudah susah dah.. eh makasih informasi nya berguna

    BalasHapus

Entri Halaman

Labels

Popular Posts